Minggu, 03 Mei 2009

Zubair Muchsin, Rumah

Rumah tradisional Kotagede, yang memiliki nilai arsitektur Jawa yang unik. Rumah ini didirikan oleh H. Mukmin pada tahun 1865 M. H. Mukmin adalah seorang pedagang kain dan lawe serta agen mori “cap sen”. Setelah diwariskan kepada putranya H. Zubair Muchsin, usahanya terus berkembang dan merupakan salah satu yang terbesar di antara 43 pedagang sejenis di Kalurahan Sayangan. Pada waktu didiami H. Mukmin rumah tersebut juga digunakan sebagai tempat pelayanan usaha dan kegiatan keagamaan. Akan tetapi, setelah diwariskan kepada H. Zubair Muchsin sampai saat ini hanya digunakan sebagai tempat tinggal dan aktivitas keagamaan Islam.

Terletak di Dusun Buharen RT 33/RW 8, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kodya Yogyakarta. Berdiri di atas tanah seluas 1072m2, dikelilingi pagar tembok setinggi 2,25 m. terdapat dua buah pintu masuk ke halaman. Pintu sebelah selatan berukuran lebar 1,62 m dan tinggi 2 m. Sedangkan pintu utara berukuran lebar 1 m dan tinggi 1,72m.

Kompleks ini mempunyai beberapa bangunan yaitu langgar, pendapa, pringgitan, dalem, gandok kiwo dan gandok tengen, dapur dan bangunan pelengkap lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar