Minggu, 03 Mei 2009

Achmad Charris Zubair

Budayawan, ilmuwan dan penggerak masyarakat Kotagede. Lahir di Yogyakarta 25 Juli 1952. pendidikan SD Muhammadiyah Kleco tahun 1964, SMP Negeri IX Yogyakarta tahun 1967, dan SMA Negeri Wates Kulon Progo 1970. Sempat kuliah di Akademi Bank YPKP Bandung, sebelum masuk di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada dan tamat 1979, Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia 1988. Menikah dengan Jamillatifah pada 21 Maret 1975 memiliki 4 puteri yaitu Yuniar Khairani, Nurul Aini, Marizka Khairunnisa, dan Aya Sofia Annisa.

Sejak 1980 Staf Pengajar di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, dalam mata kuliah Etika, Etika Pancasila dan Metode Penelitian Filsafat. Staf Pengajar Luar Biasa di Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga, dalam mata kuliah Etika. Dalam lingkup masyarakat Kotagede, ia dikenal sebagai penggagas Pusat Dokumentasi Kotagede (PUSDOK), yang sekretariatnya terletak di rumahnya di Kampung Buharen, Purbayan. Tesis nyang disusunnya berjudul: Nilai-Budaya Masyarakat jawa di KotagedeSebagai Landasan Etika Lingkungan Hidup (1988).

Karya Ilmiah yang pernah disusunnya antara lain: Mencari Konsep Manusia Indonesia Seutuhnya dalam buku Butir-Butir Pemikiran Filsafati Prof. Dr. Mr. Notonagoro, Yayasan Fakultas Filsafat UGM, 1981 Asas-Asas Pembangunan Nasional dalam seminar Dewan Pertahanan Keamanan Nasional-Universitas Gadjahmada di Yogyakarta, 1982. Universitas dan Relativitas Norma Moral dalam Forum Diskusi Dosen Fakultas Filsafat UGM, 1983. Metode Kefilsafatan Indonesia dalam Forum Diskusi Dosen Fakultas Filsafat UGM, 1985. Kuliah Etika, Penerbit Rajawali, Jakarta, 1987. Strategi Etik dalam Pembangunan Nasional, dalam Forum Diskusi Balairung UGM, 1988, Konsep Moral Pancasila Dalam Pembangunan Berwawasan Lingkungan, dalam Seminar Bersama Mahasiswa UGM, 1988.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar