Senin, 04 Mei 2009

Yayasan Pakaryan Ngayogyakarta

Yayasan yang didirikan oleh para pengrajin perak di Yogyakarta pada tahun 1929, yang pada zaman itu disebut dengan Jajasan Pakarjan Ngajogjokarto. Yayasan tersebut didirikan dalam rangka mengadakan modernisasi kerajinan perak di bidang motif, dengan tujuan utamanya adalah untuk memajukan seni kerajinan yang terdapat di Yogyakarta.

Tugas yayasan tersebut adalah memberikan (1) penerangan teknik kepada perusahaan-perusahaan yang ingin memperbaiki pekerjaannya; (2) menun-jukkan hasil pekerjaan mereka yang telah dikoreksi, dan mengusahakan pameran yang lebih baik, baik itu di dalam maupun di luar negeri; (3) memberi uang muka kepada mereka yang barang produksinya belum terjual; (4) menolong meng-usahakan material yang dibutuhkan dan yang lebih baik; (5) memperkenalkan hasil-hasil karya yang baik dan turut memberi garansi; (6) menganjurkan adanya kreasi baru dengan memberi contoh-contoh yang dimodernisasikan; (7) menganjurkan kejujuran kepada para pengusaha, agar pekerjaannya bermutu dan pembeli tidak merasa tertipu.

Karena usaha-usaha Yayasan Pakar-yan Ngayogyakarta tersebut, barang produksi yang sebelum tahun 1929 belum terkenal sampai ke luar negeri, akhirnya dapat terkenal dan mendapat pasanan yang baik. Namun karena adanya pendudukan Jepang, Yayasan Pakaryan Ngayogyakarta akhirnya dibubarkan pada tahun 1942.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar