Rabu, 06 Mei 2009

Watu Gatheng, Permainan.

Salah satu permainan tradisional yang hidup dalam masyarakat Kotagede. Perlengkapan yang diperlukan: Batu kerikil yang berukuran sama dan rata berjumlah 5 buah. Arena berukuran 0,5 x 0,5 m di atas tanah atau di lantai.

Cara Bermain: Permainan ini dilakukan oleh 4 orang. Mereka duduk mengitari tempat permainan. Kemudian urutan pemain ditentukan oleh hompimpah atau pingsut. Pemain yang menang melakukan permainan (saku). Mula-mula kelima watu gatheng digenggam di tangan kanan, salah satu batu yang digenggam dilempar ke atas sambil mengambil empat batu yang bertebaran di tanah sebelum batu yang dilempar ke atas itu jatuh menyentuh tanah. Jika batu gagal diambil semua atau menyenggolnya maka pemain berada dalam posisi “mati’ dan digantikan oleh pemain lainnya.

Langkah kedua disebut garo, pemain melempar sebuah batu dan pemain mengambil dua buah batu bersamaan. Apabila gagal berarti mati tetapi apabila berhasil maka permainan diteruskan. Tahap selanjutnya adalah galu, gapuk, umbul, garuk, dulit, dan sawah. Fungsi : watu gatheng dimainkan untuk mengisi waktu senggang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar