Jumat, 05 Juni 2009

Bayu Mataram, Kethoprak

Di Kotagede terdapat beberapa perkumpulan kethoprak, adalah seni drama tradisional yang masih banyak disukai oleh masyarakat Jawa. Drama seni ini biasanya mengambil cerita tentang kisah-kisah raja-raja Jawa yang diambil dari babad dan legenda.

Bayu Mataram adalah salah satu grup kethoprak di Kotagede, di samping Purbacarita, dan Setia Budaya. Grup seni tradisional ini bertujuan untuk melestarikan dan berkreasi. Salah satu tema cerita yang dipentaskan adalah legenda Senapati, ketika sedang merintis Keraton Mataram. Busana yang dipakai bisa macam-macam tergantung dari cerita yang diambil, misalnya: busana Jawa, Timur Tengah dan penjajah Belanda.
Sebagai pelengkap, kesenian ini menggunakan instrumen gamelan, yang terdiri dari; gong, ketuk, kempul, saron peking, saron, boning, kendang, dan ketipung kempyang. Instrumen musik tersebut dalam kelompok kethoprak tertentu juga ditambah dengan lesung. Irama amelan yang khas dalam seni kethoprak adalah suara kethuk yang terdengar lebih dominan memukulnya. Seni dipertunjukkan yang dipentaskan pada saat peringatan hari raya, merti desa dan orang yang mempunyai hajat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar